7 (tujuh) Prinsip Palang Merah : Kemanusiaan, Kesamaan, Kenetralan, Kemandirian, Kesukarelaan, Kesatuan, Kesemestaan.



Selasa, 29 September 2009

Hasil Bulan Dana naik 8%





Penyerahan hasil Bulan Dana PMI tahun 2009 sebesar Rp. 564.491.162.- oleh Ir. Bambang Haryono kepada Ketua PC Kota Semarang Drs. Saman Kadarisman.



Senin (31/8) bertempat di aula PMI Cabang Kota Semarang Ketua Umum Bulan Dana PMI Tahun 2009 yang diwakili oleh Ass. I Ir. Bambang Haryono mentutup sekaligus membubarkan Panitia Bulan Dana yang terdiri dari 62 Koordinator. Panitia menyusun program kerja selama 3 bulan dalam upaya menggali dana yang diperoleh secara sukarela dari masyarakat guna melaksanakan kegiatan PMI dibidang Sosial Kemanusiaan.

Kegiatan yang berlangsung selama 3 (tiga) bulan dari bulan juni-agustus diputuskan tidak diperpanjang karena hasil yang dicapai telah melebihi target ± 8% sebesar Rp 564.491.162,- dari target yang telah ditetapkan yaitu Rp 524.000.000,-.

Hasil bulan dana akan diserahkan Kepada PMI Daerah sebesar 10% yang akan dikembalikan kembali kepada PMI Cabang Kota Semarang dalam bentuk proyek-proyek pelatihan dalam meningkatkan kapasitas SDM. Sedangkan 90% akan dfikembalikan kepada masyarakat untuk kegiatan-kegiatan sosial kemanusiaan antara lain tanggap siaga bencana, bantuan-bantuan social kemanusiaan, Pelayanan sosial & kesehatanan serta Usaha trasfusi darah menurut Ketua PMI Cabang Kota Semarang Drs. Saman Kadarisman.

Pada kesempatan tersebut Ketua umum Bulan Dana PMI Walikota Semarang yang diwaklili oleh ass. I Walikota Bp. Bambang Haryono menyampaikan pesan agar hasil perolehan Bulan Dana PMI diprogramkan untuk operasional sesuai dengan program kerja PMI dengan lebih memprioritaskan kegiatan – kegiatan yang bersifat sosial kemanusiaan, penanganan bencana dan yang lebih penting adalah pelayanan-pelayanan kebutuhan darah. Usul dan saran dari rapat koordinator yang lalu perlu untuk diperhatikan dan dipakai sebagai acuan bagi Pengurus PMI dalam pelaksanaan kegiatan-kegiatan tahun mendatang.

Transparansi Bulan Dana
Hambatan yang dihadapi koordinator dalam melaksanakan bulan dana PMI sangat kecil namun sedikit ada mengalami penurunan pada pos-pos tertentu yang tidak signifikan. Beberapa kooordinator mengusulkan penggunan hasil bulan dana agar diinformasikan atau dipublikasikan lewat media, sehingga dapat diketahui oleh masyarakat.

Sebelum ditutup Ketua PMI Daerah Jawa Tengah HR Tobhari memberikan sambutan bahwa PMI Daerah Jateng selalu memantau kegiatan bulan dana dan perlu digaris bawahi untuk menarik simpati masyarakat untuk memberikan bulan dana membutuhkan suatu transparansi/laporan kepublik untuk apa dana tersebut digunakan karena hsil bulan dana bukan untuk menggaji karyawan tapi sepenuhnya dikembalikan kemasyarakat dalam berbagai bentuk kegiatan dan sumbangan bencana.

Untuk Bulan Dana PMI cabang Kota Semarang yang terkumpul tertinggi dari seluruh Cabang PMI di Jawa Tengah. Hasil tersebut dapat diraih karena masyarakat Kota Semarang memiliki rasa kemanusiaan yang tinggi .
Semoga bulan dana PMI memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat.

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda